Fungsi PSU pada komputer

Pengertian psu

Pengertian Power Supply

Secara sederhana, pengertian Power Supply adalah sebuah komponen yang digunakan untuk memasok atau menyediakan daya listrik ke sebuah atau lebih perangkat. Power supply saat ini telah dirancang sedemikian rupa untuk mampu mengubah sabahan dasar energi semisal energi matahari, angin, hingga kimia menjadi energi listrik.

Bagi komputer dan beberapa perangkat elektronik, komponen power supply ini sangat penting dan tidak dapat diremehkan. Dapat dipastikan bila komponen ini mengalami permasalahan, maka perangkat tersebut tidak akan mungkin berfungsi secara normal. Saat menghidupkan sebuah perangkat semisal komputer, maka seketika itu juga power supply langsung melakukan semacam pemeriksaan serta tes sebelum sistem operasi pada komputer tersebut dijalankan. 

Jika tes atau pemeriksaan ini tidak bermasalah, maka power supply melakukan tugas berikutnya yakni mengirim sinyal menuju mainboard bahwa sistem telah siap untuk dioperasikan. Setelah itu, power supply akan beralih ke tugas selanjutnya yakni membagi daya listrik pada setiap komponen yang ada pada komputer tersebut. Besar daya yang dibagi disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan dari tiap komponen. 


Fungsi Power Supply

Untuk lebih memahami pengertian power supply, hal pertama yang wajib diketahui adalah fungsi dari power supply itu sendiri. Secara general, fungsinya power supply adalah mengubah tegangan, mengubah daya, dan mengatur daya bagi tegangan output. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa fungsi power supply:

  • Mengubah arus dari tegangan listrik supaya tidak melebihi batas maksimal pada sebuah perangkat
  • Membuat daya cadangan berupa baterai, sebagai contohnya adalah sebuah UPS sebagai bentuk antisipasi mencegah matinya listrik secara mendadak sehingga suplai energi terputus
  • Mengubah arus dengan tegangan tinggi (AC, Alternating Current) menjadi arus dengan tegangan rendah (DC, Direct Current). 

Jenis Power Supply

Sekedar mengetahui jenis-jenis dari power supply juga dapat membuat lebih paham tentang pengertian power supply. Dalam keseharian, ada beberapa jenis power supply yang sering difungsikan pada berbagai perangkat. Beberapa power supply berikut mungkin sudah ada di rumah kita tapi kita tidak menyadarinya. Apa saja diantaranya:
  1. AT 

    Power supply jenis Advance Technology (AT) merupakan power supply dari generasi awal. Jenis power supply ini dapat ditemukan pada komputer-komputer di era lawas yang secara spesifikasi masih terbilang rendah dan sederhana, dimana tiap komponen yang ada pada komputer tersebut masih tidak terlalu canggih seperti sekarang.  

    1. BTX

      Jenis power supply selanjuntya adalah power supply berjenis BTX. Jenis ini digunakan dengan maksud menunjang kinerja komputer rumahan dan perkantoran. Power supply  jenis BTX ini merupakan jenis yang dianggap jauh lebih optmal kinerjanya dibandingkan jenis power supply lainnya. 

      1. ATX (Advance Technology Extended).

      Power supply jenis ini merupakan varian hasil modifikasi dan pengembangan dari power supply jenis AT. Varian ini memiliki keunikan pada sistem on-off yang mempermudah penggunanya dalam mematikan perangkat secara otomatis. Sebagaimana namanya Advance Technology Extended, maka teknologi yang digunakan sudah jauh lebih mutakhir dari jenis sebelumnya.

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Internet - Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya

      Jenis-Jenis Internet

      Perbedaan CPU intel dan AMD