Internet - Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya

     Internet, sudah tidak asing lagi bagi kita di zaman yang modern ini. Banyak barang dan produk yang terhubung ke internet, bahkan beberapa memerlukan internet itu sendiri agar bisa dioperasikan. Nah beberapa dari kalian mungkin masih belum tahu, apa sih sebenarnya internet itu? Untuk menjawab pertanyaan barusan, silahkan disimak postingan berikut!



Pengertian Internet

  Internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking, yakni sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Internet adalah sebuah media informasi tanpa batas yang populer dengan sebutan cyberspace atau dunia maya (virtual box).

Agar dapat terhubung ke internet, diperlukan :

  1. Saluran komunikasi, misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Dial-Up Connection (kurang lebih 40 Kbps) atau saluran lain misalnya Satelit.
  2. ISP (Internet Service Provider) untuk akses yang memadai disarankan memilih ISP yang memiliki bandwith terbesarm dan memiliki dua akun dari ISP yang berbeda dengan maksud untuk ISP backup.
  3. Modem, berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon, sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer-komputer ke internet.
  4. Sebuah program browser / penjelajah internet (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, Bing, dll.)

Sejarah Internet
  1. Diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakasi oleh lembaga yang bernama ARPAnet (US Defense Advance Research Projects Agency) atau departemen pertahanan amerika pada tahun 1969.

  2. NSFnet, jaringan komputer internasional yang dioperasikan oleh lembaga yang bernama National Science Foundation. Jaringan ini menghubungkan ratusan universitas dan lembaga-lembaga penelitian.

  3. MILnet, jaringan komputer untuk kepentingan militer.

  4. Internet, jaringan komputer yang terluas dibentuk tahun 1982 dengan menghubungkan jaringan utama pemerintahan yang ada (ARPAnet, NSFnet, dan MILnet) setelah itu pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990 yang sekarang menghubungkan ribuan jaringan tersebar di seluruh dunia.



Modem
    Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon. Terdapat beberapa jenis modem, berikut adalah jenisnya :

Modem Dial-Up
  1. Modem Internal
    Modem yang dipasang di dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam motherboard komputer, yang biasanya disebut dengan NIC atau LAN CARD. Kelebihannya adalah hemat tempat dan harga ekonomis, serta tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. Sementara kelemahannya adalah tidak terdapat lampu indikator sehingga sulit untuk memantai status modem, dan juga tidaka mempunyai sumber tegangan tersendiri sehingga membutuhkan power supply yang dimana hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

  2. Modem External
    Modem yang letaknya di luar CPU komputer, modem ini dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Keuntungannya adalah memiliki portabilitas yang cukup baik sehingga dapat dipindah untuk digunakan pada komputer lain, dan juga  dilengkapi dengan lampu indikator sehingga mudah untuk memantai status dari modem. Sementara untuk kelemahannyaa adalah harganya lebih mahal, dan membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk meletakan modem tersebut.

Modem Kabel

    Perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna harus melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP.


Modem ADSL

    ADSL (Asymetric DIgital Subcriber Line) memecah jalur telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data, hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu.


Wifi Adaptor

    Merupakan perangkat untuk melakukan koneksi internet melalui gelombang wifi pada daerah yang terletak dalam wilayah jangkauan hotspot.


Manfaat Internet
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media promosi
  • Sebagai media komunikasi interaktif


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Internet

Perbedaan CPU intel dan AMD